Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Rabu, 24 Desember 2008

VOICE OVER TALENT DAN PERANGKAT REKAM

Ini AdalahContoh peralatan JAMAN TAHUN DODOL Tascam 34 B pita dan headnya bisa menampunga 4 track saja . Terakhir saya pakai tahun 2001, alat ini seharusnya masuk museum tapi atas jasanya begitu besar maka tetap saya kenang dan masih bertengger di meja kerja saya .

Peralatan dan Software menjadi penentu kualitas VOICE OVER untuk itu sering-seringlah melakukan ekperimen terhadap alat yang kita gunakan . Tiap Software tentu punya kelebihan dan kekurangan maka kalau bisa lakukan jangan terpaku pada satu sofware saja

Dan berikut pertanyaan yang masuklewatemail dari Fauzi

Mas Bram yang baik,
terimakasih atas kerendahan hati Mas untuk melayani saya, orang yang
sangat awam tentang seluk beluk voice over.

Terimakasih tips-tipsnya, saya akan jadikan anda sebagai model
penduplikasiannya, krn saya kagum dengan suara anda.

Pertanyaan saya selanjutnya:
- Apakah saya perlukan device recording yang khusus yang bagus?,
ataukah cukup menggunakan recoding dari mp3 player 150rb an? :).
- Software apakah yang bisa mas rekomendasikan untuk dijadikan tools
dalam memoles rekaman suara agar terdengar lebih basah dan afek dan
filter lain?. jika ada software free di internet, mohon bisa berikan
linknya agar kami bisa mengunduhnya.

Terimakasih banyak, teacher.

Salam,
Fauzi


Jawab :
He he saya senang anda semangat ,Kita sama-sama masih belajar lho
Karakter suara orang beda-beda maka device recordingnya tetap harus di coba mana yang terbaik hasilnya. Ini dibutuhkan kekuatan kuping yang masih normal untuk itu dibutuhkan satu atau tiga orang penilai .Ingat janganterlalupercaya dengan kuping kita marilah kita berbagi kuping ..eh maksud saya suara ke kuping-kuping yang berbeda
Terus terang saya bukan ahli dalam urusan peralatan tapi setidaknya kita harus tahu problem solving ketika suara kita umpanya tidak bulat . Alat /software mempengaruhi kualitas kita bersuara menjadi 30 persen lebih bagus . Coba buka google search Free Cool edit Pro banyak pilhan disana salah satu link adalah http://www.toggle.com/lv/group/view/kl36218/Cool_Edit_Pro.htm

Pengalaman yang saya ketika saya kirim VO lewat email ada client yang minta diperbaiki hanya karena atmosphere suara antara kalimat vocal yang satu dengan yang lain beda Ternyata problemnya bisa ketahuan kalimat pertama ketika saya rekam , saya sempat jeda /istirahat sejenak tidur.-tiduran rekaman kalimat kedua saya lanjutkan 2 jam kemudian ternyata inilah penyebabnya terjadi perubahan atmosphere. Maka saya putuskan rekam ulang tanpa jeda .
Orang-orang radio banyak yang pakai. Software Cool edit pro . software ini bisa bikin suara kita 30 persen lebih baik . Tapi akan bikin jelek bila kita belum kuasi penggunaan software itu. Maka solusinya lakukan sesering mungkin eksperimen, ingat sering-seringeksperimen. Jangan sering-sering di Save hasil eksperimen yang satu dengan yang lain . Bila sudah sudah diketemukan standrad ukuran yang pas dicatat .
Suara asli yang diberikan Tuhan antar satu dengan yang lain berbeda-beda karakternya maka dari itu seorang Voice Over yang baik harus punya karakter suara . Karakter suara inilah yang kita jual .
Bila kita ingin meniru secara persis karakter orang lain agar persis tidak bisa tapi dalam teori peniruan akan bisa dengan hasil mirip. Ingat Definisi mirip adalah tidak mendekati persis . contoh kalau kita bercermin dikaca rias wajah kita persis sama tapi kalau wajah kita di gambar seorang kartunis wajah kita bisa mirip.. maka dari itu mari kita berjuang meraih KEMIRIPAN agar suara kita bisa MIRIP SAMA .
(Bram Wijaya)




<

0 komentar:

 
Powered by Blogger