Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Kamis, 24 Februari 2011

Dengan Podcast Web Radio Makin Gaya



Dulu ketika dalam pergaulan sering kita mendengar “berita tidak bisa diulang “ karena memang mustahil seorang pemirsa menelpon radio atau TV meminta penyiarnya menyiarkan ulang berita yang belum sempat ia dengar . Dengan adanya Podcast Ini adalah sebuah kemudahan sekaligus solusi bila radio tersebut peduli dengan tehnologi dan service pada pendengarnya .
Inilah tehnologi yang sudah lama ada tapi masih jarang penggunanya yaitu Podcast atau Podsiar. Podcast adalah istilah yang akhir-akhir ini makin sering kita dengar . Tehnologi didunia maya membuat website radio berusaha melayani pendengarnya dengan menaruh fasilitas podcast . Pendengar yang tidak mendengarkan berita radio saat disiarkan secara live akan terbantu dengan adanya podcast ini dengan mengklik fasilitas podcast dan terdengarlah berita yang ia pilih sesuai dengan tanggal dan jam dimana sebelumnya ia tidak dengar saat siaran live.

Podcast juga membantu mereka yang malas membaca berita diwebsite dan lebih suka mendengar.Maka Podcast adalah solusinya .
BBC Siaran Indonesia adalah salah satu contoh website radio yang memiliki fasilitas podcast.Kemudian radio Suara Suarabaya yang menggunakan podcast sebagai arsip siaran. Arsip berita tanggal dan tahunbisa dicari untuk didengarkan kembali .
Tidak banyak memang radio yang memiliki web dengan fasilitas podcast . Padahal untuk membuat fasiltas podcast layanan dan tehnologinya sudah ada baik yang gratisan maupun berbayar

Blog www.bramwijaya.com juga memiliki fasilitas podcast namun karena bukan sebagai portal berita maka blog ini hanya mem-podcast-kan postingan artikel. Tapi cukup membantu bagi pengunjung blog ini yang malas baca tapi suka mendengar. Karena Blog ini merupakan toko online pribadi penyiar maka yang di-Podcast-kan suara arsip voice over .

Podcat juga berfungsi untuk praktek bimbingan online misalnya pelajaran bahasa Ingris dan lain-lain .Jadi podcast bisa difungsikan untuk berbagai hal . Jadi kesimpulannya memang website atau blog saat ini secara langsung atau tidak langsung sudah memposisikan diri menjadi Media Siaran. Jadi media siar tidak melulu milik stasiun Radio atau TV saja tapi web/blog sudah mampu "menyiarkan"juga

Dari tadi bicarakan podcast mungkin ada diantara anda yang belum tahu podcast . Banyak orang yang masih kesulitan untuk memahami istilah yang satu ini. Podcast awalnya terbentuk dari gabungan kata POD dan “Cast” istilah cast sama dengan broadcast. POD sendiri merupakan akronim dari “Personal On Demand”. Ada juga beberapa sumber yang mengatakan POD sebagai akronim dari “Play On Demand”. “Pesonal On Demand” atau “Play On Demand”, kedua-duanya memiliki maksud yang sama, yaitu “ Anda dapat memainkannya kapan saja dan dimana saja ”

Menurut Wikipedia Podacast itu sama dengan Podsiar (bahasa Inggris: podcast) atau siaran web tan-alir (non-streaming webcast) adalah serangkaian berkas media digital (baik audio maupun video) yang diterbitkan sewaktu-waktu dan sering diunduh melalui penyalur-sedia web (web syndication). Kata ‘podcast’ menelantarkan istilah ‘webcast’ dalam bahasa sehari-hari, karena meningkatnya kegemaran iPod dan pasokan web (web feed).

Berbeda dengan siaran live TV atau atau siaran live Radio yang tergantung pada jadwal acara, dengan POD atau Podcast kita tidak perlu menunggu kapan suatu acara akan ditayangkan. Podcast selama ini materinya merupakan hasil siaran ulang . Tapi ada juga Website yang tidak ada hubungannya dengan radio atau tv tapi ia gunakan podcast sebagai senjata siaran aktualnya.
Semoga tulisan ini akan membuat inspirasi bagi kawan-kawan radio untuk tampil lebih maju dan beda(BW)



2 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya juga pernah dengar podcast siaran bbc indonesia. memang bermanfaat sekali untuk orang yang sibuk bekerja dan hanya punya waktu tertentu untuk bersantai.
Ohya, gimana caranya bikin podcast di blog?

BRAM WIJAYA mengatakan...

daftar saja di web http://divshare.com upload audionya taruh kode widgetnya di blog

 
Powered by Blogger