Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Selasa, 18 September 2012

Perlunya Archiving file siaran

Institusi apapun swasta negeri ,organisasi bahkan rumah tangga pasti melalakukan archiving atau pengarsipan baik dengan cara sederhana maupun canggih . Bahkan Archiving merupakan aset bagi suatu perusahaan karena menyangkut laporan kinerja serta dokument untuk mengembangkan suatu usaha baru atau strategi baru.  Lain dari itu dalam dunai radio sangat luar biasa penting.  Ternyata dalam dunia siaran dimana saat ini sedang disibukan dengan KPI Bali Award  . Seperti kita ketahui malam penghargaan KPI Bali Award segera digelar di Art Centre Denpasar Jumat 21  September dan yang dinilai pihak panitia adalah file-file siaran  yang pernah dibuat atau disiarkan yang dianggap bermutu bisa dipakai untuk di "Award-kan" . Ini benar-benar acara yang sangat baik . Bukan hanya sekedar peraihan award tapi sebagai ajang reuni . Karena teman-teman penyiar banyak yang tersebari diberbagai radio . Dan juga sebagai ajang ngumpul penyiar sambil kenalan dengan para penyiar baru dan penyiar yang sudah "karatan" .
Banyak dari teman-teman radio yang mengikuti ajang ini kebingungan karena file-file siaran  yang pernah di udarakan  entah dsimpan dimana padahal penyimpanan sudah melalui komputer. Ternyata penyebabnya cukup sederhana tema-teman penyiar menyimpannya dengan sistem terpencar . Sehingga ketika dibutuhkan tidak bisa atau susah mencarinya akhirnya yang dikirim adalah file terbaru ini yang membuat sebagian dari penyair penasaran. 

Terkadang secara pribadi ketika menyimpan file siaran dalam benak pikiran kita  sekedar untuk disimpan tanpa manfaat.  Dan benar saja ketika KPI Bazli Award semua pada kebingungan cari file file siaran . Kalau sudah begini maka kita baru sadar bahwa ternyata  PENGARSIPAN atau ARCHIVING  itu penting . Mari  kita buka kegunaannya sebuah arsip siaran yang rapi :
1. Bisa digunakansebagai bahan pembanding kualitas siaran terdahulu dengan sekarang
2. Bisa digunakan sebagai bahan untuk dilombakan (seperti KPID Award dan lain-lain)
3. Bisa digunakan untuk cuplikan-cuplikan sejarah atau untuk dijadikan cuplikan  atas kondisi dan situasi 
    terdahulu.dan disiarkan ulang.
4. Bila itu file arsip iklan maka bisa digunakan sebagai pembanding kualitas iklan dulu dan sekarang
5. Bila itu File arsip iklan maka bisa itu bisa diputar lagi setelah iklan vakum
6. File siaran bisa  digunakan untuk bukti untuk banyak keperluan dan kepentingan umpamanya bukti siar.

Jangan lupa bahwa keuatan arsip memang luar biasa kondisi dan suasana tidak bisa ditiru atau diulang agar persis . Inilah yang menyebabkan Archiving sebagai hal yang mutlak saat inidoi dunia Siaran khsuusny dunia radio .

Sekarang masalahnya adalah bagaimana caranya Archiving yang baik . Kalau menurut engalaman saya Arciving yang baik adalah dengan keamanan yang berlapis ketika di arsipkan maka ada yang disimpan di computer  khusus dan back up  dikomputer lain . Atau saat ini yang sudah ngetrend adalah arciving didunia maya,

Masing-masing institusi siaran pasti punya metode dan system dalam pengarsipan tapi dari semua pengarsipan tentu tujuan akhir adalah "keamanan" terhadap file-file.  File akan terasa kegunaannya ketika kita oada saat-saat tertentu sangat membutuhkannya dan akhirnya KETEMU dengan kondisi aman,lengkap,sempurna.

Contoh dengan adanya KPI Bali Award ini maka disanalah kita akan merasa bahagia bila arsip yang mau di Award-kan ketemu. Dan sekarang saya ucapkan selamat bila kita seua SADAR ARCHIVING

 




0 komentar:

 
Powered by Blogger