Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Senin, 09 Januari 2012

Radio Mesti Maksimalkan Social Networks

Kalau anda pernah menjadi penyiar di era tahun "dodol" untuk meminta lagu atau ingin saling sapa dengan pendengar lainnya maka pendengar tersebut  mesti membeli kupon dan kupon itu dikirim ke radio untuk diberikan kepada penyiar . Maka penjualan kupon saat itu juga menjadi salah satu sumber penghasilan radio siaran . Lalu sekarang bagaimana? . Radio dengan sistim kupon sudah ditinggalkan. setelah ada telpon yang bisa dimasukan audionya kedalam  mixer pendengar bisa langsung bicara mengudara minta lagu atau saling sapa . Bahkan saking sering minta lagu ke udara sang pendengar ini juga punya banyak fans saingan dengan penyiarnya . Lalu ada sistem SMS bagi yang  malas bicara ini juga efektif tapi pasti suatu saat sistim sms akan ditinggalkan atau penggunanya menjadi berkurang karena ap?

Sekedar info saat ini  fasilitas di Radio Global  berupa  sms ada tanda tanda berkurang pengirimnya ternyata  semua itu disebabkan karena pendengar yang dulu aktif kirim info dan opini lewat SMS beralih ke Facebook alasan mereka katanya menulis lewat facebook lebih murah dan efisiens dan lebih akurat / Efisien karena gadgetnya  memiliki fasilitas internet dan biaya internet perbulan cuma Rp.50.000. Disamping itu a[a yang ia tulis langsung kesebar kesemua orang .

Berkurangnya traffict SMS juga karena memasyarakatnya penggunaan Blackberry Mesenger (BBM).   Masyaraat sekarang ini sudah memiliki kesadaran online jadi fenomena ini meski disikapi dengan merespon kemungkinan apa yang akan jadi trend. Bila kita secara pribadi atau institusi  tidak melihat tanda-tanda perubahan ini maka  akan ditinggal . Trend penggunaan Facebook pada radio anak muda tentu lebih seru lagi responsif tapi kalau radio dengan segment dewasa perlu waktu dan edukasi. Maka hal yang paling penting adalah sosialisasi penggunaan facebook dengan membuat spot  rekaman yang di putar setiap jam.

Sebagi Contoh Pak Mahayadi yang nota bene berusia 60 tahun sekarang lebih suka kirim info ke Radio Global lewat Facebook . Kemudian pendengar setia Made Yadnya lebih memilih facebook dan mereka yang memilih tetap menggunakan SMS bila ditanya kenapa tidak berfacebook  ria pak ada yang mengatakan “aduh kepala saya rasanya nggak muat main untuk uruasan beginian” .

Bahkan untuk sosialisasi penggunaan face book Globalfm memberikan layanan pelatihan gratis bagi pendengarnya untuk berfacebook-an. Ini juga bermanfaat untuk sebuah komunitas pencinta Radio Global  itu sendiri agar lebih banyak dan solid . Karena Dengan begitubanyaknya Group  Global FM Bali di Face book maka bila Global FM mengadakan sebuah event begitu cepat menggalang dukungan atau peserta.Bukan hanya facebook twitter juga punya kelebihan kalau di gunakan sebagai pengganti SMS tapi Facebook sepertinya lebih disuka dan lebih banyak penggunanya . 

Lihatlah sekarang TV nasional sudah terang-terangan dan jelas menulis para followernya di layar kacanya bukankah ini pertanda kesadaran online sudah makin tinggi ? Dan ini mesti disikapi dan bias menjadi  strategi baru buat media untuk menambah audiensnya kalau di dunia maya FOLLOWERS

0 komentar:

 
Powered by Blogger