Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Rabu, 24 Desember 2008

VOICE OVER TALENT BINGUNG KESTABILAN SUARA

Berikut saya juga terima email dari Ari yang mempermasalahn suara tidak stabil ketika membaca narasi setengah jam . Dan saya juga akan menjelaskan kenapa para pendemo sehabis demo kecapean sehabis orasi dengan cara berteriak. Padahal ada cara lain bagaimana bersuara dengan santai tapi tetap fullpower


Email dari :
"Swar Arey" swararxxxx@yahoo.com
apa kabar mas ato pak bram niy. ?
salam kenal" nama saya ari saya juga seorang vo talent, tapi masih baru merambah -+ 3 tahun yang lalu.
boleh dong belajar. saya masih bermasalah dengan cara baca setiap materi yang berbeda. jika panjang durasi narasi stengah jam ato lebih sura tidak stabil. kbetulan saya jg baru menjadi vo news di stasiun tv.
terima kasih sebelum dan sesudahnya. HIDUP VO TALEN !!

JAWAB :
Ari aktifitas seorang VO ketika suaranya diambil pasti lewat rekaman ..bagi seorang VO itu merupakan kesempatan yang baik untuk bisa take ulang untuk raih sauar terbaiknya . Itulah sebabnya kenapa VO itu harus diposisiskan sebagai profesi mahal karena sifat perjuangannya untuk hasil terbaik.
Lain lagi bagi VO yang dikasih tugas live di belakang panggung itu penuh tantangan dan kondisi harus sehat dan mood serta harus latihan sebelum manggung .

Ketika Ari membaca kurang stabil dengan naskah yang panjang itu ada sebabnya :
1 Mungkin Ari membaca dengan tenaga dari mulut dan leher sebaiknya gunakan suara diafragma dalam bahasa kami suara perut .Sekedar tahu suara perut itu kalau digambarkan dengan tenaga satu maka power yang keluar tiga
Tapi kalau tenaga mulut dan leher akan bikin capek. tenaga yang keluar 3 , power suara yang dihasilkan 3 kondisi ini yang rawan terjadi ketidakstabilan . Jadi itulah hebatnya suara diafragma.
2 Bila dikasih tugas umpamanya take voice company perofile dengan durasi baca 30 menit jelas akan memakan energy karena ; Dalam membaca take ulang berkali-kali itu juga penyebab bikin VO menjadi capek dan tidak stabil suaranya . Juga kondisi kesehatan mempengaruhi Istirahat sejenak untuk relaksasi lalu lanjutkan rekaman yang tersisa .
Musuh utama VO adalah penyakit batuk ,pilek . Kalau badan panas masih mending karena suara masih stabil.
3 Kalau bisa Ari kirim sampel suaranya agar saya juga bisa menganalisanya.
4 Saran saya sering-seringlah tiap pagi senam suara dengan membaca Koran atau berita dengan suara keluar jangan baca dalam hati .Jadisenam pagi bukan monopoli Badan fisik tapi juga suara kita … baru tau ya..? langkah ini akan bikin suara kita terlatih dan stabil.
SEKEDAR TAHU : akhir-akhir ini banyak demonstrasi di negeri ini tapi sayang para pendemo yang menggunakan megapone tidak menggunakan suara diafragma akhirnya mereka berteriak keras melebihi kekuatan power megapone . Setelah demo dia kelelahan . Jadi kesimpulan aktifis demo harus belajar tehnik suara perut . (Bram Wijaya)





0 komentar:

 
Powered by Blogger